RSS

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Food Court Ada di Lantai Paling Atas Mal



blog.the3hungrymen.com

Seberapa sering kamu berjalan-jalan ke mal dan makan di sana? Kalau kamu berkeinginan makan di mal, kamu pasti menyadari bahwa tempat makan khususnya food court selalu terletak di lantai paling atas. Pernah kah kamu mempertanyakan soal itu? Ada yang tahu alasannya? Secara ilmiah, inilah beberapa penjelasan kenapa food court selalu terletak di lantai teratas mal!

Makanan adalah kategori produk paling dicari, yang dijual di mal.



ranker.com

Berdasarkan penelitian berbagai sumber, makanan dan minuman siap konsumsi (baik kemasan maupun hidangan langsung) adalah kategori produk yang paling dicari di mal. Berhubung menjadi produk yang paling dicari, penelitian sektor bisnis mengatakan bahwa itulah kenapa food court sengaja di taruh paling atas. Fungsinya agar ketika orang-orang ingin makan, mereka akan melewati toko-toko lainnya sehingga mampu lebih meratakan penjualan di kategori-kategori produk lainnya. Kalau pun mereka langsung menuju food court dengan lift, mereka juga akan melewati toko-toko lain ketika selesai makan. Kecuali memang mereka murni hanya ingin makan dan naik lift saja. Sementara tingkat penggunaan lift diketahui gak setinggi eskalator akibat keharusan menunggu dan antre.

Bagi orang yang sekadar ingin jalan-jalan pun, kemudian tetap akan makan karena menjadi lapar.



vena2taiwan.com

Ada sebagian populasi pengunjung mal yang murni ingin lihat-lihat dan jalan-jalan saja di mal. Dengan aktivitas jalan-jalan mereka dan banyak toko yang dikunjungi, minimal mereka akan merasakan haus. Sebagian juga akan menjadi lapar. Akhirnya mereka akan menuju food court yang sengaja diletakkan di atas sebagai tujuan terakhir di mal. Pada intinya, food court yang biasanya berdekatan dengan bioskop ini akan menjadi tempat istirahat setelah lelah menjelajahi mal.

Proses sistem pembuangan dari food court akan lebih mudah jika di lantai paling atas.



flickr.com

Setiap lantai mal pasti memiliki toilet, sehingga sistem pembuangan dan aliran air bisa jadi serupa tiap lantainya. Yang membedakan sistem pembuangan food court adalah pembuangan asapnya, yang itu akan lebih mudah dibuang keluar ketika diletakkan dari lantai paling atas, langsung ke udara tempat tinggi (seperti pembuangan asap pabrik). Pembuangan asap yang terlalu rendah dikhawatirkan bisa mengganggu lingkungan sekitar. Memang ada beberapa tempat makan di lantai rendah atau bawah tanah, tapi itu sudah melalui berbagai pertimbangan dan kesepakatan dengan stakeholder sekitar.

Food court menjadi pelengkap bioskop, yang juga penting untuk diletakkan paling atas.



coop-himmelblau.at

Ada korelasi tinggi antara pelanggan food court dan bioskop yang berkesinambungan. Sementara itu bioskop perlu diletakkan di lantai paling atas akibat tinggi ruangan studionya yang butuh kurang lebih ruang 12 meter. Dengan tinggi ruangan seperti itu karena tempat duduk yang bertingkat-tingkat, akan susah jika bioskop diletakkan di lantai pertengahan mal. Peletakan di pertengahan lantai mal akan membuat penyesuaian besar karena pembuangan kapasitas ruangan yang besar. Gak heran kamu akan melihat bahwa atap di food court hampir selalu tinggi.


bokaromall.com

Bagaimana? Sudah tahu kan alasan-alasan ilmiah dan konkrit kenapa food court diletakkan di lantai paling atas mal? Supaya suatu saat kalau ada yang mengajukan pertanyaan seperti ini lagi, kamu bisa menjawabnya
Disadur dari : today.line 14 Juni 2017

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar